Minggu, 23 Juni 2013

Resume Jaringan Komputer

Routing dan Router

Berikut saya ingin share tentang routing. Gampangannya routing adalah aktifitas yang dilakukan oleh perangkat yang bernama ROUTER..hehe Router adalah suatu perangkat jaringan delayer network yang bertugas meneruskan paket dari 1 network ke network yang lainnya untuk menentukan lintasan yang optimal. Router dapat menghubungkan network local dan remote location.
Routing dbagi menjadi 2 yaitu:
a.       Direct Routing (direct delivery); paket dikirimkan dari satu mesin ke mesin lain secara langsung (host berada pada jaringan fisik yang sama) sehingga tidak perlu melalui mesin lain atau gateway.
b.      Indirect Routing (indirect delivery); paket dikirimkan dari suatu mesin ke mesin yang lain yang tidak terhubung langsung (berbeda jaringan) sehingga paket akan melewati satu atau lebih gateway atau network yang lain sebelum sampai ke mesin yang dituju.
Router berbeda dengan Switch. Switch hanya perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga membentuk LAN atau local area network. Sedangkan router adalah perangkat yang menghubungkan satu LAN dengan banyak LAN lainnya. Router biasanya dipakai untuk jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, router ini dinamakan IP Router. Internet merupakan contoh utama dari jaringan yang memiliki IP Router.

Routing adalah proses penerusan paket data dari suatu jaringan menuju jaringan lainnya. Pengiriman paket pada jaringan dapat diteruskan ke jaringan lainnya melalui cara kerja routing.
Tujuan Algoritma Routing
1.       Optimality è Mengacu pada bobot matriks dan based matriks pada proses perhitungannya. Dioptimalisasi mana yang paling menentukan lintasan yang akan dilewati.
2.       Sederhana dan biaya rendah è memilih routing yang paling efisien.
3.       Handal dan stabil
4.       Memproses dengan cepat dan Mengirim paket
5.       Dapat menyesuaikan adaptasi terhadap perubahan dalam ketersediaan router, bandwidth, dan antrian ukuran.
Table Routing
Router merekomendasikan tentang jalur yang digunakan untuk melewatkan paket berdasarkan informasi yang terdapat pada Tabel Routing.

Semua informasi yang terdapat pada tabel routing dapat diperoleh secarastatic routing melalui perantara administrator dengan cara mengisi tabel routing secara manual ataupun secara dynamic routing menggunakanprotokol routing, dimana setiap router yang berhubungan akan saling bertukar informasi routing agar dapat mengetahui alamat tujuan dan memelihara tabel routing.

Pemakaian Router
-          LAN to LAN Connectivity
-          LAN to WAN Connectivity
-          Remote Acces
Jenis - jenis konfigurasi Routing
a.       Minimal Routing adalah konfigurasi yang paling sederhana tapi mutlak diperlukan. Minimal routing dipasang pada network yang terisolasi dari network lain.
b.      Statik Routing adalah Konfigurasi routing yang biasanya debangun dalam network yang hanya memiliki beberapa gateway umumnya tidak lebih dari 2 atau 3. Static routing dibuat secara manual pada masing-masing gateway.
c.       Dynamic Routing adalah Sebuah network diaman terdapat jalur routing yang lebih dari satu router untuk mencapai tujuan yang sama dan selain itu network besar yang terdapat lebih dari 3 gateway.

Tipe-tipe algoritma routing
1.       Single path vs Multi path
2.       Flat vs hierarchical
3.       Hast intelligent vs router intelligent
4.       Intradomain vs interdomain
5.       Static vs dynamic routing
6.       Link state vs distance vector
Static routing adalah tebel manual update yang digunakan oleh sebuah jaringan administrator. Overheadnya rendah dan menggunakan logic administrator.
Dynamic routing biasanya digunakan oleh internet works yang semuanya tergantung pada protocol routing untuk menentukan alamat jaringan.
Routing protocol basic:
·         Administrative distance - untuk update dan protocol mana yang akan dipakai terlebih dahulu. AD O - 255

·         Distance vector - RIP merupakan sebuah protocol routing distance vector yang digunakan dalam ribuan jaringan di dunia berdasarkan open standart dan mudah diimplementasikan. Tapi RIP membutuhkan fitur router routing protol. Contohnya IGRP.


Firewall

Firewall artinya fire itu api, wall itu tembok berarti tembok api..hehe Bukan ya.. Firewall adalah system perangkat lunak atau perangkat keras yang memproteksi, melindungi, menyaring, membatasi dan mengontrol suatu segmen lalu lintas yang keluar/masuk pada jaringan yang tidak diinginkan oleh pengguna. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN).  Firewall membentuk topologi dalam FWL disuatu area bernama DMZ
Fungsi Firewall
1.       Packet Filtering : memeriksa header dari paket TCP/IP dan memutuskan apakah data ini memiliki akses ke jaringan.
2.       Network Address Translation ( NAT ) : Firewall berfungsi untuk meneruskan paket data dari luar jaringan ke dalam jaringan dengan benar sesuai IP komputer lokal.
3.       Application Proxy : firewall bisa mengetahui keberadaan protocol aplikasi tertentu yang lebih khusus.
4.       Traffic management : mencatat dan memantau trafik jaringan, sehingga tidak terjadi tabrakan dalam jaringan.
DMZ (Demilitarized Zone) adalah firewall suatu wilayah yang digunakan untuk melindungi  system internal  yang berhubungan dengan serangan hacker atau serangan lainnya yang ingin memasuki system tanpa mempunyai hak akses.

Serangan dapat didefinisikan antara lain sebagai:
1.       Seseorang mencoba mengetahui server-server apa saja yang ada di jaringannya.
2.       Seseorang membuat layanan yang ada menjadi crash.
Edge FWL adalah untuk memproteksi single computer dari macam serangan  (bias server, bias juga work station).  Contoh dari edge FWL berupa Zone alarm, black ice, dan IPFW on OS X. Adapun perangkat keras yang bekerja seperti  edge FWL, antara lain Cisco PIX dan Netscreen Series.
Network FWL adalah suatu jaringan yang bias berbentuk router FWL dan Bridge FWL yang memproteksi dari suatu grup device tertentu. FWL dapat dibuat menggunakan software. Network FWL berbeda dengan edge FWL yang hanya memproteksi dirinya sendiri dan bawaan dari OS, sedangkan base netwok FWL akan memproteksi koneksi jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar