Mata kuliah : Manajemen Umum
Pengertian dasar manajemen :
Pengertian dasar manajemen :
a. Menurut Stoner dan Wankel, Manajemen adalah suatu proses mengelola mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan
b. Menurut James A.S. Stoner
P : PLANNING
O : ORGANIZING
L : LEADING
C : CONTROLING
c. Menurut George R. Terry
c. Menurut George R. Terry
P : PLANNING
O : ORGANIZING
A : ACTUATING
C : CONTROLING
Mengapa Perlu Manajemen :
a. Mencapai tujuan
b. Menjaga keseimbangan diantara tujuan yang saling bertentangan
c. Mencapai efisiensi (melakukan sesuatu dengan benar) dan efektivitas (kemampuan untuk memilih sasaran yang tepat untuk mencapai tujuan)
Manajemen sebagai Ilmu dan Seni :
a. Manajemen sebagai ilmu : manajemen yang berusaha secara sistematis untuk memahami manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerja sama lebih bermanfaat bagi kemanusiaan
b. Manajemen sebagai seni : seni di dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
Manajemen sebagai profesi menurut Edgar H.S. terdapat 3 kriteria :
1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip umum
2. Para profesional mendapatkan status karena mencapai standar prestasi kerja
3. Para profesional ditentukan oleh kode etik, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya
Organization
a. A systematic arrangement of people brought together to accomplish some specific purpose applies to all organization
b. Common characteristic :
- Goals
- Structure
- People
Sumber Daya dalam Organisasi :
a) Money
b) Methods
c) Material
d) Macine
e) Man
Keberhasilan organisasi :
- Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya
- Tersedianya tenaga operasional yang terampil sesuai dengan bidangnya
- Tersedianya anggaran yang memadai
- Tersedianya sarana dan prasarana kerja
- Adanya mekanisme kerja yang sesuai
- Iklim kerja yang positif
Peran manajer
- Peran antar pribadi
- Peran keputusan
- Peran informasional
Tantangan manajemen :
- Persaingan dan perekonomian global
- Perlunya memiliki visi
- Etika dan tanggung jawab social
- Perubahan informasi dan teknologi
- Nilai dalam bekerja dan hak individual
Fungsi Manajemen bagi Manajer :
-Fungsi Administratif
lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian hingga pengawasan kegi-atan-kegiatan untuk mencapai tujuan
organisasi.
-Fungsi Operatif
lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasilhasil secara efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar