Senin, 17 Oktober 2011

Resume 2 Lingkungan Organisasi

Mata Kuliah : Manajemen Umum


Individu atau kelompok secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi cara sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Lingkungan selalu berubah sehingga dapat menentukan cara atau pendekatan yang akan menjaga dan mengembangkan operasi organisasi.
Pengaruh lingkungan terhadap organisasi adalah dapat mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mendiagnosa dan bereaksi terhadap kekuatan lingkungan baik berupa kesempatan, resiko, maupun ancaman yang mempunyai pengaruh pada operasi organisasi.

Lingkungan di bagi 2:
a. Lingkungan internal : variabel yang ada di dalam organisasi tetapi biasanya tidak dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak, yaitu :
1.  Struktur : cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkenaan dengan komunikasi, wewnang, dan arus kerja
2.    Budaya   : selumpulan keyakinan, harapan, dan nilai yang dipelajari dan dibagikan oleh anggota-anggota organisasi dan disampaikan dari satu generasi ke generasi lainnya
3.     Sumber daya  : aset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi meliputi karyawan, fasilitas organisasi dll
4.  Pemegang saham  : individu atau organisasi yang ikut serta memiliki satu atau lebih saham perusahaan

Fungsi penting budaya bagi organisasi :
·         Memberikan nuansa identitas bagi karyawan
·         Membantu menimbulkan komitmen karyawan terhadap sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri
·         Menambah stabilitas perusahaan sebagai suatu sistem sosial
·       Adalah kerangka referensi bagi karyawan agar digunakan untuk menerima berbagai kegiatan organisasi dan juga sebagai pedoman bagi perilaku yang tepat
   
     b. Lingkungan eksternal : pihak yang mempengaruhi aktivitas organisasi dari luar organisasi tersebut. Dan dibagi lagi menjadi dua, yaitu lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro

LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO
1.       Pesaing : dengan memahami limgkungan persaingan, yang dihadapi organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga dapat mengoptimalkan operasinya
2.       Pelanggan : mengantisipasi perubahan perilaku pasar atau langganan dan mengarahkan pengalokasian sumber daya sesuai kebutuhan langganan
3.       Pasar tenaga kerja : kemampuan menarik dan mempertahankan personalia yang cakap merupakan prasarat bagi perusahaan sukses
4.       Lembaga keuangan : organisasi sangat bergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan
5.       Para penyedia : pemenuhan kebutuhan bahan baku, pembantu, pelayanan, energy, peralatan,dll dan biasanya organisasi berhubungan dengan para penyedia melalui agen atau manajer pembelian
6.       Perwakilan pemerintah : menetapkan peraturan seperti prosedur perijinan, pembatasan,dll

LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO
1.       Teknologi
2.       Ekonomi
3.       Politik-hukum
4.       sosialkultural

Ketidakpastian Lingkungan :
·         Lingkungan dinamis : jika komponen dalam lingkungan sering berubah
·         Lingkungan stabil     : jika komponen dalam lingkungan organisasi berubah tetap minimum

Mengelola Hubungan
·         Stekholder adalah semua unsure dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh keputusan dan kebijakan organisasi dan yang dapat dipengaruhi organisasi
·         Cara mengelola hubungan :
1.       Mengenali stekholder organisasi
2.       Menentukan kepentingan/perhatian terhadap stekholder
3.       Seberapa menentukan stekholder bagi keberhasilan organisasi
4.       Menentukan pendekatan khusus pada para stekholder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar